Inspirasi

Ini Bukti Jika Uang Bukan Segalanya

DISAAT MUDA MUNGKIN UANG BISA MEMBELI SEGALANYA. TAPI HARI TUAMU TIDAK SEGALANYA MEMBUTUHKAN UANG.
KATA-RITA,2020

Mungkin sebagian dari kita sudah tau “Apa itu panti jompo”, bahkan kita juga tau siapa saja yang dititipkan disana. Orang-orang disana bukan lagi orang yang bertubuh kekar atau bisa berlari kencang. Mereka adalah orang yang sangat memerlukan kasih sayang, perhatian atau sedikit ucapan “Sehat selalu ya”. 

Saat itu, saya mengunjungi salah satu panti jompo di Bali. Disana saya melihat para orang tua yang sangat renta bisa tersenyum bahagia dan bernyanyi. Saat itu saya merasa bersyukur sekali bisa bertemu dan banyak belajar dari mereka, awalnya berpikir “Mereka pasti bahagia menjalani hari tuanya disini” 

Tapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar. Saat kegiatan selesai, saya memiliki banyak sekali pertanyaan. Hal itu membuat saya berinisiatif untuk menemui mereka. Ternyata beliau menangis di kamarnya, kemudian bercerita jika ia sangat kesepian disini, dan terkadang setiap malamnya ia selalu menangis karena merasa tidak bisa menikmati hari tuanya dengan bahagia. Saat salah satu tangan dan kakinya sakit, ia harus memijatnya sendiri dan berjalan tanpa ada yang menuntun untuk mencari cahaya matahari. Saat itu saya juga duduk di sebelah nenek yang menjemur dan memijat kakinya. Saya bertanya apakah dia bahagia disini, dan nenek itu bilang “Odah kel mulih gen, odah kel ngalih kak dikedituan. Odah be kaline jak kak didian dini, ngeling odah sebilang peteng. Sai be odah nyerit Kak apang odah ajakne milu kemu” 

Kemudian saya membayangkan bagaimana jika saya menjadi mereka. Kesepian setiap malamnya, tidak bisa mengeluh akan isi hatinya, bahkan selalu menangis karena keadaannya. Entahlah, apakah bisa sekuat itu… 

Hal itu membuat saya teringat terhadap anak yang sibuk bekerja namun orang tuanya dititipkan di panti jompo. Apa susahnya merawat orang tua yang sudah membuat kita ada di dunia ini ? Terkadang kita harus berpikir “Karena orang tua saya bisa bekerja, saya bisa menikmati dunia ini, bahkan saya bisa menjadi seseorang yang hebat seperti sekarang”. 

Saya tau seorang anak memiliki tanggung jawab terhadap orang tua mereka. Salah satu wujud tanggung jawabnya adalah merawat orang tuanya. Apa hanya uang ? disini saya belajar, terkadang uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Buktinya mereka tidak mengatakan “Saya perlu uang dihari tua saya” tapi mereka mengatakan “Saya kesepian di sini”. 

Coba kalian bayangkan jika ada seseorang mengatakan “Orang tuamu sudah meninggal”. Ketika itu kalian rasakan “Mereka adalah orang yang selalu ada untuk saya, mereka mengajari saya berjalan, berlari, hingga saya bisa berdiri tegak untuk menjalani hidup ini. Ketika saya kecil, saya sangat memerlukan mereka dan mereka selalu ada disetiap prosesnya. Namun saat mereka meninggal, pertanyaan terbesarnya yaitu hal apa yang sudah saya berikan untuk mereka ?” 

Jadikanlah hal mendasar jika saya akan membahagiakan mereka, dan terkadang kebahagiaan itu tidak bisa diuangkan, disaat mereka meninggal, sumber doa terbesar saya juga akan hilang. 

Rita Primayuni
Author: Rita Primayuni

Anda mungkin juga suka...

4 Komentar

  1. Luar Biasa

  2. Anom Harjana menulis:

    Keep inspiring

  3. Top 👏

  4. Long time supporter, and thought I’d drop a comment.

    Your wordpress site is very sleek – hope you don’t mind me
    asking what theme you’re using? (and don’t mind if I steal it?

    :P)

    I just launched my site –also built in wordpress like yours– but the theme slows (!) the site down quite a bit.

    In case you have a minute, you can find it by searching
    for “royal cbd” on Google (would appreciate any feedback) – it’s still in the works.

    Keep up the good work– and hope you all take care of yourself
    during the coronavirus scare!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *